Jumat, 16 Mei 2014

Hyakumonogatari Kaidankai, permainan pemanggil makhluk halus dari Jepang


url
Permainan ini sebenarnya sudah banyak muncul di film ataupun anime Jepang, contohnya School Rumble.Dan permainan ni mempunyai arti “seratus cerita”. Cara main dari permainan Hyakumonogatari Kaidankaisebenarnya sangatlah sederhana, kita hanya butuh ruang kosong dan 100 buah lilin yang sudah dinyalakan pada malam hari. Para pemain berkumpul di sekitar lilin dan secara bergantian menceritakan kisah-kisah menakutkan mereka saat bertemu atau yang mempunyai pengalaman dengan makhluk halus.
Setiap satu cerita selesai maka pemain akan memadamkan lilin satu per satu, semakin lama cerita akan semakin seram dan ruangan otomatis perlahan-lahan akan menjadi lebih gelap karena lilin telah dipadamkan secara berurutan. Proses ini diyakini untuk memanggil makhluk supernatural. Akhir dari permainan ini adalah matinya cahaya pada lilin terakhir, maka akan muncul seseorang atau sesuatu yang mengerikan dari dalam kegelapan. Banyak versi yang menyatakan telah melihat sosok tersebut, ada yang mengatakan melihat sesosok wanita muda berambut panjang memakai kimono biru atau bahkan melihat sesosok nenek dengan rambut terurai.
Tidak ada yang tahu persis dari mana asal mula permainan Hyakumonogatari Kaidankai ini berasal, tetapi banyak yang meyakini permainan ini awalnya dibuat oleh samurai sebagai uji keberanian, untuk melihat siapa yang cukup berani mendengarkan cerita-cerita mengerikan dan siapa yang akan menyerah terlebih dahulu saat cahaya lilin mulai meredup.
Tertarik untuk mencoba?

Kokkuri, permainan memanggil makhluk halus ala Jepang

Jika di Indonesia ada permainan semacam Jelangkung yang menggunakan boneka dari jerami dan batok kelapa untuk memanggil hantu, orang Jepang punya cara lain. Cara tersebut dinamakan Kokkuri atauKokkuri-san.
kokkuri (1)
Hampir sama dengan papan Ouija yang dipercaya masyarakat Eropa dan China, Kokkuri juga menggunakan papan yang bertuliskan huruf-huruf serta koin 10 Yen. Permainan ini sangat populer dilakukan oleh remaja Jepang. Mereka mengundang makhluk halus untuk bertanya mengenai masa depan.
Permainan ini dilakukan oleh dua orang atau lebih. Mereka bersama-sama meletakkan jarinya di atas koin 10 Yen tersebut, kemudian mulai bertanya apakah Kokkuri-san sudah hadir. Jika koin bergerak ke huruf “Ya,” mereka bisa mulai bertanya
Kokkuri sendiri dipercaya sebagai siluman binatang yang merupakan gabungan dari rubah, anjing, dan rakun (Kok = rubah, ku = anjing, ri = rakun). Rubah dalam mitologi Jepang dikenal sebagai hewan yang cerdik dan suka menipu, sementara anjing digambarkan sebagai kesetiaan, dan rakun dikenal sebagai pembawa keberuntungan.
Hal yang paling sering ditanyakan biasanya adalah mengenai cinta atau kesuksesan. Meski begitu, sangat mungkin bahwa makhluk halus yang diundang melalui permainan ini tak akan memberikan jawaban yang benar. Selain itu, banyak yang percaya bahwa tiba-tiba meninggalkan papan Kokkuri tanpa mengucapkan selamat tinggal pada makhluk halus yang sudah dipanggil bisa memberikan nasib buruk.
Apapun itu, memanggil makhluk halus bukanlah permainan yang bisa dianggap enteng. Sebaiknya hindari mencoba-coba melakukan hal semacam ini, baik Kokkuri-sanOuija, maupun jelangkung.

“Darumasan ga koronda,” ritual memanggil hantu Jepang


daruma
Darumasan ga koronda adalah sebuah permainan memanggil hantu dari Jepang, permainan ini cenderung mengerikan karena hantu yang kita panggil akan mengikuti ke mana dan di mana kita berada
Dalam permainan ini anda tidak boleh tertangkap oleh hantu tersebut dan diwajibkan untuk menghindar. permainan ini biasanya dimainkan oleh paranormal untuk mengasah ketangkasannya.
Berikut cara memainkannya:
1. Sebelum tidur malam, lepaskan pakaian kalian, dan pergilah ke kamar mandi.
2. Isilah bathtub/bak/ember dengan air dan matikan lampunya.
3. Duduk di tengah bathtub/bak mandi, dan menghadap ke keran air.
4. Cucilah rambut kalian sambil menyebut berulang ulang “daruma jatuh daruma jatuh”.
5. Saat mencuci rambut, bayangkan di pikiran kalian, kalian akan melihat sosok wanita Jepang yang berdiri di bak mandi, ia tergelincir dan terjatuh di samping keran air.
6. Terus dan terus menyebutkan “daruma jatuh daruma jatuh” sampai kalian selesai mencuci rambut kalian, INGAT mata kalian harus tetap tertutup.
Setelah itu, kalian akan merasakan gerakan di dalam bak mandi tersebut, sekali lagi INGAT mata kalian harus tertutup! JANGAN PERNAH COBA COBA UNTUK MENGINTIP, setelah itu kalian baru saja memanggil sesosok hantu, sosok wanita akan keluar dari air di belakang kalian, kalian akan merasakannya saat ia menatap mata kalian, kepalanya tepat di bahu kanan kalian, rambutnya hitam kusut, pakaiannya compang camping dan membusuk ia hanya punya satu mata di bagian kiri, mata itu terbuka lebar berwarna merah.
7. Ketika kalian merasakannya, kalian harus membuat pertanyaan seperti ini ”mengapa kamu jatuh di kamar mandi?
8. Tetap menutup mata kalian, berdiri dan keluar dari kamar mandi tanpa membuka mata, setelah itu keluarlah dari kamar mandi, dan tutup pintunya, kalian harus segera tidur.
Paginya, segeralah bangun karena permainan sudah dimulai, hantu wanita bermata 1 akan mengikuti ke manapun kalian pergi, setiap kalian melihatnya ia akan menghilang, ketika kalian melirik ke bahu kanan kalian, maka kalian akan menangkap sekilas figur dari dirinya, ia akan lebih dekat, dan lebih dekat. Jangan biarkan ia menangkap kalian, jika kalian melirik dan ia terlalu dekat, kalian harus berteriak ”TOMARE!” yang berarti berhenti, lalu lari secepat mungkin, kesempatan ini untuk kalian berlari sejauh mungkin menjauhi wanita bermata satu itu.
Untuk mengakhiri permainan ini, kalian harus melihat sekilas figur wanita ini dan berteriak “AKU AKAN MEMOTONGMU PERLAHAN!” kemudian ayunkan tangan kanan kalian ke bawah seperti gerakan memotong, kalian harus mengakhiri permainan ini sebelum tengah malam, jika tidak wanita ini akan muncul di mimpi kalian dan akan terus mengikuti kalian.
Peraturan dari permainan ini adalah:
1. Jangan membuka mata kalian ketika proses pemanggilan hantu.
2. Jangan biarkan hantu itu menghilang ketika kalian keluar dari bak mandi.
3. Jangan kembali masuk ke kamar mandi setelah kalian keluar.
4. Jangan menguras bak mandi sampai pagi.
5. Jangan biarkan wanita bermata satu mengejar kalian di luar peraturan.
Peringatan:
- Walaupun permainan ini berasal dari Jepang, namun peraturannya akan berlaku di mana saja.
- Jika anda memainkan permainan ini dan terjadi masalah, penulis tidak bertanggung jawab.

Inilah 5 mitos aneh seputar Tokyo Disneyland

Biasanya setiap tempat yang populer memiliki mitos atau legenda perkotaan yang menyertainya. Seperti mitos hantu yang melekat pada rumah-rumah tua di setiap kota, atau mitos korban tumbal yang biasanya dihubungkan dengan tempat-tempat rekreasi.
Kali ini kita akan membahas mitos yang berkaitan dengan Tokyo Disneyland. Taman hiburan yang terletak di Urayasu, Chiba, dekat kota Tokyo ini juga menyimpan banyak mitos, lho. Beberapa di antaranya cukup menyeramkan. Penasaran apa saja? Berikut ini kami sajikan untuk Anda seperti dilansir Rocketnews24.
1. Hantu sungguhan yang menghantui wahana rumah hantu
Ada gosip yang mengatakan kalau wahana rumah hantu di Tokyo Disneyland benar-benar dihuni hantu sungguhan. Menurut cerita yang beredar beberapa pengunjung sempat melihat beberapa hantu bohongan di wahana tersebut yang ternyata tidak pernah ada. Konon bahkan ada seorang pengunjung pria yang melihat hantu wanita menyeramkan di ujung lorong. Padahal properti hantu seperti itu tak pernah ada.
2. Pengunjung anak-anak diculik oleh pegawai taman hiburan
Rumor yang satu ini lebih menyeramkan lagi. Konon setiap tahun ada pengunjung anak-anak yang hilang dan tak pernah ditemukan lagi. Gosipnya anak-anak tersebut diculik oleh pegawai taman hiburan dan kemudian diambil organnya untuk diperdagangkan ke luar negeri. Ada yang bilang kalau beberapa pegawai di sana memang merupakan bagian dari sindikat perdagangan manusia yang sengaja bekerja di Tokyo Disneyland untuk mencari korban anak-anak.
3. Gelombang radio untuk mengusir serangga dan hewan pengerat
Kalau diperhatikan lagi, di Tokyo Disneyland dan Disneyland di negara-negara lain tidak ada lalat, nyamuk, kecoak, atau tikus yang berkeliaran. Ada gosip yang mengatakan kalau pihak pengelola sengaja menempatkan alat khusus dengan gelombang radio frekuensi tinggi yang memang tidak disukai oleh hewan-hewan tersebut. Karena itulah setiap malam, begitu taman hiburan ditutup pihak pengelola sengaja melepaskan beberapa ekor kucing untuk melacak dan memakan bangkai tikus yang mati karena gelombang radio tersebut. Tetapi tidak ditemukan bukti yang membenarkan gosip ini.
4. Kutukan patah hati di Tokyo Disneyland
Mitos yang satu ini banyak dipercaya oleh orang Jepang. Konon pasangan yang berkencan untuk pertama kalinya di Tokyo Disneyland akan terkena kutukan berupa putus cinta. Tetapi anehnya jika pria dan wanita yang sudah bersama berciuman di dalam Tokyo Disneyland, maka cinta mereka akan abadi.
5. Lorong bawah tanah rahasia
Mitos ini juga berlaku di Disneyland lain, tak hanya di Tokyo saja. Bersamaan dengan konstruksi Disneyland, konon dibangun pula lorong-lorong bawah tanah yang diperuntukkan bagi para staf. Karena taman hiburan ini sangat luas dan jumlah staf pengelola terbatas, Walt Disney memerintahkan pembangunan lorong-lorong tersebut agar saat bantuannya dibutuhkan para staf dapat mencapai setiap bagian taman dalam waktu singkat. Tetapi kabarnya lorong yang sangat rumit dan berliku-liku ini sering membuat pegawai tersesat. Gosipnya bahkan ada yang sampai mati kerena tidak berhasil keluar dari sana.
Nah, itulah lima mitos aneh yang berhubungan dengan Tokyo Disneyland. Percaya atau tidak?

Inilah 5 mitos super seram yang hanya ada di Jepang

Sama seperti Indonesia, Jepang menyimpan banyak mitos yang cukup menyeramkan. Mitos-mitos ini belum diketahui kebenarannya, namun diceritakan turun temurun, sehingga menjadi kisah yang terus dipercaya hingga saat ini, dilansir oleh listverse.com.
Jika Indonesia terkenal dengan berbagai kisah legenda dan tempat angker, Jepang juga sama. Ada beberapa tempat yang dipercaya bisa menghancurkan hubungan cinta, ada boneka anak perempuan yang rambutnya terus tumbuh, bahkan ada iklan yang bisa membawa kutukan kematian.
Hiii.. seram sekali, silakan lanjut membaca jika Anda berani.
Pilar Kastil Dari Mayat Manusia
kastil_Matsue_-_pinktentacle_com
Dahulu kala, saat Jepang masih membangun banyak istana kekuasaan, ada sebuah metode yang cukup mengerikan bernama Hitobashira. Hitobashira dapat diartikan sebagai pilar manusia atau penyangga manusia. Di zaman dulu, cukup sulit membangun istana megah, karena pondasi bisa roboh tanpa perhitungan tepat.
Orang-orang di masa itu percaya bahwa untuk membuat istana dan bangunan lebih kokoh, harus ada tumbal manusia. Legenda berkembang bahwa pada banyak kastil di Jepang, ada tumbal berupa mayat yang ditanam di antara dinding dan pilar, salah satu yang terkenal adalah kastil Matsue. Hii.. seram sekali jika kita tidur di ruangan yang di dalam dindingnya terdapat mayat.
Rambut Boneka Okiku Terus Tumbuh
boneka_keiku_-_creepypasta_co
Boneka perempuan ini tampak polos, namanya Okiku. Namun ada hal ganjil yang terjadi di tubuh boneka ini. Sebagai benda mati, seharusnya tidak ada yang tumbuh dalam diri boneka, tapi rambut boneka Okiku terus tumbuh dengan cara yang misterius. Kisahnya terkenal di seluruh dunia.
Kisah menyebutkan bahwa boneka ini adalah milik anak kecil bernama Okiku. Setelah sang anak meninggal, secara misterius rambut boneka ini terus tunbuh. Bahkan setiap tahun harus ada yang memotong rambut boneka Okiku. Dianggap aneh dan keramat, boneka Okiku disimpan di kuil Mannenji, Iwamizawa.
taman_-_keanpoh.blogspot_com
Coba lihat Taman Inokashira di atas, romantis dan so sweet banget kan? Anda yang sedang pacaran pasti ingin naik perahu berdua keliling danau yang ada di sana. Namun hati-hati, mitos menyebutkan bahwa danau di Taman Inokashira membawa kutukan. Dipercaya, pasangan yang sedang jatuh cinta bisa putus jika naik perahu di sana.
Dikisahkan, seorang dewi bernama Benzaiten iri dengan pasangan kekasih yang sedang menikmati indahnya Taman Inokashira. Kedua pasangan itu dikutuk dan terus berlanjut pada pasangan manapun yang pacaran di Taman Inokashira. Percaya atau tidak?
Mitos Kamar Merah Yang Bisa Membunuh
red_room_-_x-chemicalism-x.tumblr_com
Mitos yang muncul di Jepang tidak sekedar legenda atau cerita rakyat. Ada juga mitos yang muncul karena kecanggihan teknologi berupa game. Salah satunya adalah kutukan membunuh dari Kamar Merah. Sebenarnya ini adalah game komputer sederhana, namun membawa kisah mengerikan.
Game ini dimulai dengan sebuah pintu merah di hadapan Anda. Kemudian muncul pertanyaan dalam bahasa Jepang “Apakah kamu suka warna merah?” setelah masuk ke pintu, akan ada banyak pertanyaan yang harus dijawab.
Pada akhirnya, muncul nama Anda dan teman-teman Anda secara misterius di layar. Kabarnya, mereka yang memainkan game ini akan meninggal keesokan harinya, dengan noda darah di dinding. Kisah ini sempat menggegerkan Jepang di tahun 2004.
Kutukan Iklan Tisu
iklan_seram_-_japanpowered_com
Iklan tisu biasanya santai, tetapi iklan tisu Kleenex yang muncul di tahun 1986 ini sempat menggegerkan Jepang. Dalam iklan tisu tersebut ada seorang anak kecil yang didandani mirip bayi raksasa khas Jepang. Dengan tubuh warna orange dan tanduk di kepalanya, sosoknya sedikit menyeramkan.
Namun bukan hal itu yang membuat kegegeran, tapi lagu di dalam iklan tersebut. Dikabarkan bahwa lagu tersebut jika dinyanyikan dalam bahasa Jerman Kuno liriknya akan menjadi “Mati, mati.. semua orang akan dikutuk dan akan mati,
 Entah karena kutukan atau tidak, model wanita dalam iklan itu, Keiko Matsuzaka mengalami gangguan jiwa karena diberitakan mengandung anak setan. Sedangkan anak kecil yang menjadi model iklan itu meninggal secara misterius. Kutukan juga akan terjadi bagi mereka yang menonton iklannya. Berani lihat?

Rabu, 16 April 2014

Koromo-dako


衣 蛸
ころも だこ

TRANSLATION : kain gurita
HABITAT : Laut Jepang ; khususnya di dekat Kyoto dan Fukui
DIET : karnivora ; feed pada kedua plankton kecil dan kapal-kapal besar

PENAMPILAN : Koromo - dako yang aneh dan menakutkan gurita seperti yokai yang hidup di laut berbatasan dengan Kyoto dan Fukui , terutama di teluk Ine dan Wakasa . Koromo - dako biasanya muncul mirip dengan gurita kecil biasa . Pria hanya mencapai ukuran beberapa sentimeter panjang , sementara perempuan bisa tumbuh hingga lima kali panjang itu. Menjadi begitu kecil , mereka tunduk pada pasang surut dan gelombang , sehingga mereka mengapung di mana pun arus membawa mereka . Betina hidup dalam cangkang kertas - tipis , sementara laki-laki tidak memiliki shell ( mirip dengan keluarga gurita disebut argonauts ) .

PERILAKU : Ketika Koromo - dako terancam mereka menjadi sangat berbahaya . Mereka bisa langsung tumbuh sampai berkali-kali ukuran aslinya - cukup besar untuk menelan ikan , nelayan , atau makhluk lain yang mungkin mencoba untuk memakannya . Peregangan lengan dan tubuh lebar-lebar , mereka menyerupai sepotong besar kain , dari mana mereka mendapatkan nama mereka . Sementara dalam bentuk ini koromo - dako bisa menelan hampir apa pun di dalam air , bahkan seluruh kapal . Ini membungkus lengan dan mantel di sekitar kapal , pelaut dan semua , dan menyeretnya ke dalam dalam, tidak pernah terlihat lagi. Setelah makan , para koromo - dako menyusut kembali ke ukuran yang kecil , tidak mungkin untuk melacak .

Komainu


狛 犬
こまいぬ

TRANSLATION: Goryeo (dinasti Korea kuno) anjing
NAMA Alternatif: shishi (stone lion); hanya mengacu pada komainu kiri
HABITAT: kuil, candi, dan daerah suci
DIET: karnivora

PENAMPILAN: Komainu adalah hewan suci yang mulia yang biasanya digunakan sebagai penjaga wilayah suci. Mereka dapat berbagai ukuran dari anjing kecil dengan ukuran singa, dan karena kemiripannya dengan kedua makhluk, sering disebut anjing singa dalam bahasa Inggris. Mereka memiliki tebal, surai ikal dan ekor, kuat, tubuh berotot, dan gigi tajam dan cakar. Beberapa komainu memiliki tanduk besar seperti unicorn di kepala mereka, namun banyak yang hornless.

PERILAKU: Komainu adalah binatang buas dan mulia. Mereka bertindak seperti pengawas, menjaga gerbang dan pintu dan mencegah orang jahat masuk. Mereka tinggal bersama di pasang pria-wanita, dan selalu ditemukan bersama-sama. Berpasangan mereka, perempuan biasanya penjaga mereka yang hidup dalam tempat yang mereka jaga, sementara laki-laki penjaga struktur atau tempat itu sendiri.

INTERAKSI: Komainu adalah simbol di mana-mana di tempat-tempat suci di Jepang. Patung batu komainu hampir selalu ditemukan di pintu masuk ke kuil Shinto, seringkali dengan lebih dalam kuil menjaga bangunan penting. Pasangan biasanya diukir dalam dua pose: dengan mulut terbuka, dalam posisi menderu, dan dengan mulut tertutup. Secara simbolis, makhluk ini mewakili yin dan yang, atau kematian dan kehidupan. The komainu mulut terbuka merupakan "," sedangkan komainu tertutup bermulut mewakili "un." Suara ini adalah transliterasi Jepang dari bahasa Sansekerta "Om," suku kata mistis yang melambangkan awal, tengah, dan akhir segala sesuatu. Sebuah analogi Barat akan menjadi alfa dan omega.

ASAL: Komainu dibawa ke Jepang melalui Korea, yang pada gilirannya menerima mereka dari China, yang pada gilirannya menerima mereka dari India. China adalah di mana mereka pertama kali mulai melambangkan philosophics dharma agama India. Di Cina, anjing ini disebut shishi, yang berarti "singa batu." Nama ini sering digunakan di Jepang, juga, meskipun itu hanya mengacu pada satu kiri (satu dengan mulut terbuka). Yang benar dan mereka berdua bersama selalu disebut sebagai komainu.